Jangan Terlalu Fanatik

Sabtu, November 24, 2012

Saya turut berduka cita atas para penggemar sepak bola yang merasakan sakit hati disaat tim pujaan mereka tidak dalam penampilan terbaiknya. Sehingga,tim pujaan mereka tidak masuk dalam peringkat teratas. Kalian juga khususnya kaum lelaki yang pecinta sepak bola sering mendapatkan ejekan atau hujatan dari penggemar tim lain yang kebetulan tim pujaannya dalam penampilan terbaik. Saya sering sekali mendapat ejekan itu,bukan berarti saya kalah. Tapi setidaknya yang namanya penggemar itu hampir mirip dengan kelakuan para pengacara

Mereka selalu melakukan pembenaran entah itu dengan cara apapun membalikan keadaannya. Saya sering sekali melihat beberapa teman yang saling hujat atas tim pujaan mereka,itu wajar dan hal yang sangat biasa di dunia sepak bola. Tapi harus hati – hati juga. Karena ada beberapa kasus yang tragis yang dilatar belakangi oleh saling mengejekan tim pujaan. Saya pernah lihat di koran waktu itu,ada berita pembunuhan yang menyebutkan bahwa pembunuhannya terjadi karena saling ejek tim pujaan. Yang lebih miris lagi,itu terjadi di ranah pertemanan.

Wah itu sangat kacau juga yah berita,makanya kita yang sering mengejek penggemar lain juga harus hati – hati. Takutnya lawan bicara kita tidak menerimanya sehingga berakhir negatif. Tapi itu dinamikanya juga sih,saya pikir kalau tanpa adanya itu,kita jadi tak sefanatik atau rasa ingin tahunya terhambat. Sepakbola memang kiblat hampir semua para lelaki. Bidang olah raga yang sangat di gemari oleh semua kalangan. Bahkan ada dua negara yang saling perang,itu juga karena dilatar belakangi oleh sepak bola. 


Sudah sering dengar atau lihat kan kalian juga,didalam stadion atau diluar stadion semua negara terkadang diawali dengan bentrokan antar pendukung. Itu budaya yang pasti diawali dari saling ejek sang pendukung kepada pendukung yang lain. Bahkan di indonesia sendiri juga demikian Didalam stadion pun kalau saling ejek juga berujung bentrokan,lihat saja tragedi heysel di belgia sana yang menjadi sejarah kelam bagi dunia sepak bola. Khususnya bagi penggemar liverpool dan juventus.

Terima Kasih Sudah Membaca

0 comments