Dari Marah Lalu Ramah

Senin, November 12, 2012


Pagi itu di tjikini tepatnya di tjilosari tempat bernaungnya para prama dan prami yang intelektual. Namun saya tidak membahas tempat itu namun ada kejadian yang unik waktu saya makan di tempat itu. Di depan tjilosari memang terdapat sebuah warung makanan. Tempat itu biasanya menjelang siang sangat ramai sekali tapi waktu saya datang sangat sepi sekali maklum saja waktu itu saya datangnya terlalu pagi jadi yang tersedia hanya beberapa lauk yang saya kurang suka. 

Waktu saya ingin memesan makanan disana,makanan favorit saya sedang dalam proses matang tapi saya rela menunggu karena itu makanan favorit saya. Mbak yang ada didalam warung makanan tersebut juga menyuruh saya untuk rela sabar demi menunggu makanan favorit saya. Tapi saya pikir cukup lama juga matangnya,maklum perut saya tidak bisa berkompromi waktu itu. Jadinya saya batalkan untuk menunggu makanan favorit yang sedang dimasak itu. Saya lalu beralih ke makanan yang sudah tersedia saja. Tak tau kenapa wajah mbaknya langsung jutek dan saya pikir dia marah mungkin dia pikir saya ini menghabiskan waktu dia aja,memang saya akui mbak itu agak repot sih waktu pagi itu. Waktu saya pesan air dingin mbaknya juga jutek jawabnya.

Namun,saya tidak pusing dengan ekspresi wajah dari mbak yang kurang penting itu. Saya sadar saya sebelumnya membuatnya repot,mungkin atasan atau manajer dari warung makanan tersebut melihat tingkah laku mbak yang jutek itu kepada saya. Manajer atau atasannya mungkin itu memberi kode terselubung kepada mbak itu yang berakibat mbak yang jutek itu tiba – tiba langsung ramah terhadap saya. Saya jadi diberi senyum simpul yang menurut saya senyum itu benar – benar merusak estetika pagi saya. Maklum wajah mbak itu agak ke timur – timuran maksudnya jawa timur. Dan kelakuan mbak itu kepada saya berbeda 180 derajat pada sebelumnya setelah mbak itu mungkin ditegur tapi tanpa sepengatuhan saya. Wah cukup lucu juga yah saya ingatnya. 

Ilustrasi Wajah Mbak Yang Jutek Itu
Mungkin manajer atau atasan itu mengerti cara menghadapi pelanggan yang terkadang membuat murka para penjual. Padahal saya tidak ada niat buat bikin mbak itu murka sama saya. Tapi itu mungkin jadi pelajaran saya kalaupun saya tiba – tiba berpikir untuk membuka lahan bisnis warung makanan juga. Intinya semua orang indonesia tau kalau prinsip berdagang itu “pembeli itu adalah raja”. Jadi apapun kondisi terpahitnya penjual itu harus sabar.

Terima Kasih Sudah Membaca

0 comments