Situs Youtube Telah Mengkudeta MTV

Jumat, Januari 25, 2013






Menurut wikipedia,Youtube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$ 1,65 miliar.Itu hanya perkenalan dengan situs Youtube yang saya sitir dari website terkemuka wikipedia. Saya hanya ingin menganalisis berbagai efek dengan adanya situs youtube yang sangat mempengaruhi industri musik dunia khususnya bagi indonesia sendiri. Bahkan MTV mengakui keunggulan situs youtube yang secara garis besar telah mengambil otoritasnya sebagai kanal  untuk memutar video musik tapi bedanya youtube ini tidak dipandu oleh host on-air yang dikenal sebagai VJ atau Video Jockey. 

MTV ini sebelumnya adalah sebuah initialism Musik Television yang berbasis di New York City yang diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 1981 oleh Robert W. Pitman. Pada waktu itu,Semua musikus ,pengamat musik serta pecinta musik. Hampir setiap hari disuguhkan beberapa video musik dari MTV. Tapi musik yang ditawarkan tidak bisa dipilih secara manual dan sangat berbeda dengan youtube. Di youtube kita bisa mencari genre musik dan para musisi yang kita suka. Menurut Phil Leigh, seorang analis senior dari Inside Digital Media“YouTube saat ini seperti generasi penerus dari MTV, MTV telah mengubah misi awal dari menayangkan video musik menjadi lebih interaktif dalam menjangkau pemirsa. Kini YouTube akan melanjutkannya” Cetus Leigh. 

Leigh juga menyebutkan, masalah yang umum terjadi adalah para label rekaman tidak ingin membagikan kontennya dengan YouTube karena mereka ingin mendapatkan pemasukan. “Tetapi kini tampaknya YouTube telah menemukan jalan keluar, setidaknya dengan Universal, Kemungkinan, di masa yang akan datang lebih banyak label rekaman yang melakukan hal serupa” kata Leigh. Menurut Wendi Putranto,seorang Executive Editor majalah Rolling Stone Indonesia “ sekarang MTV itu sudah beralih ke youtube,karena banyak musisi indonesia yang mempromosikan lewat youtube maka dari itu MTV telah cabut dari indonesia pada tahun 2009 silam,” begitu kira – kira kata wendi putranto dalam diskusi online music generation di SAE institute.

Banyak juga musisi kondang sekarang yang lahir dari rahim situs youtube,salah satunya adalah Justin bieber. Dari indonesia sendiri ada Raisa. Lebih lengkapnya ada disini . Setelah merebaknya banyak artist dadakan yang lahir karena youtube,sampai - sampai Youtube memabuat domain khusus untuk para musisi indonesia yaitu Youtube.co.Id. Karena menurut Adam Smith, Director of Product Management Youtube kawasan Asia Pasifik "Dengan domain ini  maka musisi indonesia bisa dikenal dengan pencarian yang lebih mudah dengan konten khusus indonesia". Selain kemudahan itu royalti juga akan dibagikan bagi musisi yang tergabung didalam WAMI (Wahana Musik Indonesia). Sebab WAMI sudah berkerjasama dengan Youtube mengenai permasalahan royalti bagi musisi yang tayang di Youtube.



Justin Bieber Dalam Aksinya Di Situs Youtube
Edy Haryanto. Direktur WAMI, menjelaskan hal itu," para komposer dalam WAMI jelas akan menerima royalti melalui aksinya di Youtube," jelasnya. Ini sangat jelas bahwa MTV sekarang telah degradasi dalam pembangunan video musik karena dengan era internet sekarang semua bisa berkreasi lewat situs youtube dan berpotensi menjadi artist ternama kalau yang melihat aksinya banyak dan menarik bagi label musik lokal. Musisi yang ingin promosi jadi mudah untuk mempromosika lagu mereka lewat situs youtube. Semua sudah beralih ke Youtube. 

Salam,
giillanggumgum


Terima Kasih Sudah Membaca

0 comments