Pertumbuhan Selera Musik

Sabtu, Februari 04, 2012

Dalam dua dekade ini,saya bersyukur karena masih di berikan hidup oleh sang pencipta. Artinya Saya juga diberikan kesempatan mendengarkan berbagai macam genre dari musik yang sebelumnya tidak saya ketahui dari usia belasan tahun. Dari dulu saya selalu mendengarkan lagu dari beberapa band yang hanya tampil di layar layar kaca. Waktu itu,saya mengecap bahwa band yang tidak tampil di televisi dan kurang terkenal walau hanya sekali dua kali tampil di layar kaca saya pasti acuhkan. Saya pernah liat band Netral waktu itu,dalam hati saya band ini kurang terkenal jadinya saya malas buat mendengarkan. Itu semua terjadi waktu saya masih sekolah dasar. Waktu itu,telinga saya hanya mendengar band yang terkenal lewat layar kaca. Sebuat saja Padi,Sheila on 7,Dewa 19,Slank dsb. Waktu smp pun saya masih berkutat dengan band mainstream Bahkan saya sampai cinta dengan band Ada Band. Setiap mereka mengeluarkan album pasti saya beli,saya suka band itu bukan saat vokalnya diisi oleh Baim melainkan Donni. Sampai-sampai saya pernah mengirim puisi ke salah satu wanita idaman saya waktu itu dengan lirik dari lagu Ada Band. Mungkin saya kurang riset dengan wanita idaman saya itu sampai dia tahu kalau puisi yang dikirim saya itu lirik lagunya Ada Band.


Itu terjadi pada masa smp silam,ketika itu saya belum tahu band indie bahkan band yang sering saya dengar pun saya malas dengar. Waktu itu saya memang kurang mengerti tentang itu. Mungkin band luar negeri yang saya tahu pertama kali cuma Limp Bizkit,karena pada waktu itu di lingkungan saya para pemudanya selalu memakai topi yang sering digunakan Fred Durst vokalis Limp Bizkit. Saya juga setiap pulang sekolah teman rumah saya selalu mengajak kerumah dia untuk menonton konser mereka dari vcd waktu itu. Ketika memasuki masa sma barulah saya mengenal band indie. Waktu itu,saya di ajak teman saya untuk menonton konser The Upstairs,Goodnight Electric dsb di La Piaza,Kelapa Gading,Jakarta Utara. Saya tadinya kurang berkenan dengan ajakan dia,tapi setelah disana saya melihat kerumunan anak muda ibukota yang sangat fashionable. Saya agak risih karena waktu saya berpenampilan kurang menariklah  di acara begituan. Setelah pulang dari sana,saya agak penasaran dengan band yang tampil di La Piaza itu dengan mencari tahu di dunia internet. Kebetulan sekali saya tertarik dan telinga saya sangat menyambut hangat musik mereka semua. Tidak semua sih hanya beberapa 


Saya baru berkeliaran di pentas seni setelah hadir di acara tersebut,teman sma saya juga kebanyakan tahu akan band tersebut. Dari situlah,saya mulai mencari tahu bukan hanya band itu saja tapi band lainya. Saya berpendapat ' kalau kita sering pergi ke acara konser,semakin banyak band yang berbakat yang kita temui'. Saya merasakan itu,ketika saya hampir selalu datang ke cara musik. Di dunia sma pula saya punya teman yang berminat menjadi rockstar buat masa depannya. Jadi saya juga sering dengar beberapa band luar dan dalam negeri dari mereka. Tapi beberapa band luar negeri mungkin yang kurang terkenal pada masa itu saya kurang suka. 


Berbagai genre musik kayaknya saya suka asal syaratnya lagu itu harus cocok di telinga saya dan tidak norak. Masa kuliah mungkin titik puncak semuanya,sampai sekarang pun saya masih menacari band dalam dan luar negeri yang menciptakan lagu yang benar cocok di telinga saya. Yang tadinya saya tidak mau tahu beberapa band besar seperti The Rolling Stones,The Doors,Kiss dsb. Sekarang seiiring saya benar ingin mau tahu jadinya semuanya saya pelajari walau tak semuanya saya dapatkan . Ya Setidaknya saya sangat antusias dengan keberadaan band tersebut. Genre yang saya suka sih tak terlalu banyak yah,ini genre inti loh. Kadang buat menambah referensi lagu lagu saya,saya membeli majalah terkemuka dari ibukota Rolling Stone. Saya juga suka mendapatkan rekomendasi band dari majalah itu dan juga lewat webzine musik seperti Jakartabeat,Deathrockstar dsb. Sampai sekarang sih saya udah menemukan beberapa band dalam dan luar negeri yang lagu-lagunya cocok di telinga saya. Sampai sekarang saya masih mencari beberapa band yang layak masuk nominasi dalam selera saya, :)


Terima Kasih Sudah Membaca

0 comments