Fenomena Kawula Muda

Senin, Februari 06, 2012

Dilihat dari judulnya saja sudah memakai nama 'kawula muda' ini sudah tentu saya akan menganalisis dari sisi pria saja. Soalnya saya kurang tahu tentang fenomena kaum hawa itu sendiri tapi walaupun sebenarnya tahu mungkin hanya sedikit saja yang saya tahu tentang perkembangan di dunia fashion atau apapun bagi kaum hawa. Bukan juga saya memilih judul 'kawula muda' karena Radio ternama Prambors sering menyebut sapaan mereka dengan sebutan 'Kawula Muda'. Tapi saya hanya ingin membagi cerita tentang fenomena kaum adam ini di ibukota yang belakangan ini saya liat dan itu mayoritas di perankan oleh para kawula muda. Ya walau ada juga sih kawula mudinya,tapi saya lagi tidak mau membahas itu.

Mungkin  anda juga pernah liat beberapa fenomena itu di sekeliling anda bahkan teman - teman anda atau jangan - jangan anda bagian dari semuanya. Bersyukur deh kalo anda bukan bagian dari semua ini,karena saya punya satu teman yang benar-benar selalu mengikuti zaman yang ada,Tergantung dari apa yang sedang berkembang. Terkadang saya jijik melihat tingkah laku dia. Semua tren selalu dia ikuti sampai masuk titik zona kebosanan dan begitu saja ditinggalkan. Mungkin teman saya ini adalah salah satu 'korban' dari buasnya fenomena gaya hidup di ibukota ini. Saya tidak akan menceritakan dia lebih jauh,kasihan nanti aibnya terbongkar.

Selain itu,Banyak juga para komunitas yang berkumpul di taman - taman ibukota. Sebut saja Taman Menteng,Taman Suropati Dsb. Saya kadang melihat beberapa komunitas itu memanjakan agendanya masing-masing. Semuanya masih dalam konteks hiburan. Saya yakin tidak semua yang masuk di komunitas itu akan loyal berada di komunitas itu. Pasti dia akan mencari fenomena terbaru lalu di pelajari oleh mereka. Memang tidak ada salahnya kalau begitu. Saya juga tidak menyalahkan beberapa dari mereka itu,tapi saya hanya bingung saja melihat semuanya. Semua mereka ikuti. Idealnya saya cuma ingin melihat kesetiaan saja disini bukan selalu mencari yang baru. Saya mendengar kabar,bahwa teman saya selalu berpindah - pindah haluan dalam menyibukan dirinya sendiri dari ia selalu mengkuti kegiatan beatbox,parkour hingga tari kaki yang cuma begitu aja seperti halnya tari suffle,semoga aja tulisannya benar begini.


Di beberapa tempat saya mulai geli kalau melihat kawula muda yang berpenampilan tanggung dan itu melekat pada fashion ala anak-anak fixie. Di beberapa tempat atau di kedai gitu,saya liat mereka selalu menggunakan celana panjang yang tidak difungsikan kegunaannya . Begini saja deh,mengapa saya bilang tidak difungsikan,karena pada dasarnya celana panjang itu digunakan ya paling tidak sampai telapa kaki lah,tapi yang saya liat beberapa dari mereka menggunakan celana panjang itu digulung hingga menyentuh ke dengkul. Ya itu memang wajar karena itu gaya ala anak fixie kok. Tapi bagi saya ya aneh saja,berhubung kemarin melihat ada yang tampil begitu dan saya risih saja liatnya. ya itu memang beberapa bagian dari fenomena ini. Mungkin juga beberapa pengaruh dari band atau musik yang dianut yang menjadikan mereka menjadi liar dalam hal fashion kekinian. Ya begitulah perkembangan zaman ini,tanpa adanya ini mungkin tak akan ada sejarah budaya khusus anak muda di masa depan.


fenomena kawula muda terkini


Saya berpendapat bahwa mereka yang masuk dalam golongan ini selalu mencari hal yang baru,hal yang belum dicoba. Saya sih maunya begitu tapi ada hati yang kurang berkenan akan hal itu. Terlalu ingin tampil 'ada' atau sering disebut 'eksis'. Makanya saya menghindari hal itu,toh saya juga memang hanya bisa melihat itu semua dari teman atau orang disekitar sajalah tidak perlu masuk dihabitatnya . Itu hanya dijadikan pelajaran saja bagi saya bukan sebagai panutan untuk mengikuti mereka.


Terima Kasih Sudah Membaca

0 comments